Kamis, 23 Mei 2013

TENTANG GASOL



Apakah Tepung Gasol itu?
 
GASOL adalah nama sebuah desa yang terletak di kaki Gunung Gede di daerah Cianjur, Jawa Barat, tepatnya di Kecamatan Cugenang. Di tempat tersebut, kami mengelola usaha tani yang ALAMI (tanpa menggunakan bahan kimia buatan, baik untuk pupuk maupun pestida) yang saat ini lebih dikenal dengan istilah ORGANIK.

Hasil panen dari sawah dan kebun, dibuat berbagai macam TEPUNG yang diproses TANPA BAHAN TAMBAHAN PANGAN (tanpa pengawet, tanpa pewarna dan tanpa tambahan rasa) sehingga menghasilkan TEPUNG MURNI. Berbagai produk itu dikenal dengan nama TEPUNG GASOL.


Mengapa memilih tepung Gasol ?
 
Tepung Gasol dibuat dari 100% bahan baku alami terpilih, LEBIH MURNI DAN LEBIH SEHAT.



Adakah produk Tepung lainnya?
 
Tepung lainnya adalah :
1. Tepung Kacang Hijau
2. Tepung Kacang Kedelai
3. Tepung Kacang Merah
4. Tepung Jagung
5. Tepung Talas
6. Tepung Ubi
7. Tepung Pisang
8. Pati Arrowroot
9. Tepung Five Grains


Kenapa tepung Gasol bisa disimpan sampai 1 tahun?
 
Untuk mengawetkan produk makanan bisa dengan berbagai cara dan yang paling umum adalah dengan dikeringkan, diturunkan kadar airnya sampai pada titik yang tidak optimum untuk pertumbuhan organisme perusak makanan.

Tepung Gasol telah disangrai sampai kadar air 8%-10%. Kemudian dikemas dalam plastik vakum.  Selanjutnya untuk tetap mempertahankan masa simpan, setelah produk dibuka dari kemasan harus disimpan di toples yang kering dan ditutup rapat jika perlu masukkan ke dalam lemari es supaya tidak terkena jamur.


Bayi usia berapa yang bisa mengkonsumsi Tepung Gasol?
 
Sejak mulai diperkenalkan makanan padat 


Tepung apa yang paling baik diberikan saat permulaan Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI)?
 
Tepung yang paling baik untuk mulai MPASI:
* Sereal
Tepung Beras adalah makanan padat pertama untuk bayi yang umum dipakai di seluruh dunia karena aman dan jarang menimbulkan alergi.
* Jenis umbi-umbian
Sumber karbohidrat sederhana , yang termasuk umbi-umbian adalah Tepung Ubi, Tepung Talas dan Pati Arrowroot
* Sumber protein nabati
Tepung Kacang Hijau


Apa perbedaan tepung Gasol dengan Bubur Tepung Komersial lain? 

* MURNI
Terdiri dari satu jenis tepung yang disebutkan (100%) tanpa ada tambahan apapun.
* NON INSTANT
Harus dimasak di atas api, tidak bisa diseduh dengan air panas saja.


Mengapa harus diberikan tepung yang murni
 
Pemberian bahan yang murni selama 2 hari berturut-turut akan mempermudah mengetahui makanan yang menjadi pemicu alergi pada bayi bila ada.


Makanan apa yang seringkali menjadi pemicu alergi?
 
Makanan yang seringkali menjadi pemicu alergi adalah susu, telur, kacang tanah, ikan, gandum.
Akan tetapi dengan memburuknya kualitas hidup manusia misalnya karena paparan polusi, saat ini telah mengakibatkan bayi menjadi alergi bukan saja terhadap makanan yang disebutkan di atas tapi segala jenis makanan menjadi memungkinkan mengakibatkan alergi.
Oleh karena itu perkenalkan hanya satu jenis makanan dan berikan selama 2 hari berturut-turut. Amati adakah reaksi yang timbul. Umumnya reaksi alergi yang muncul adalah bintik-bintik merah.


Bagaimana cara memasak Tepung Gasol?
 
Secara umum memasak Bubur Tepung adalah dengan menambahkan air pada Tepung lalu dimasak di atas api kecil selama 10-15 menit sampai matang dan mengental. 


Mengapa Tepung Gasol harus dimasak sedangkan Bubur tepung lain hanya cukup diseduh air panas saja?
 
Tepung Gasol dibuat dari bahan baku yang tidak dimasak terlebih dulu. Bahan yang masih mentah tidak mudah untuk dicerna. Sedangkan produk Bubur Tepung Instant telah dimasak terlebih dahulu, dikeringkan, lalu dihaluskan. 


Karena murni maka Tepung Gasol tidak memiliki rasa/tawar, apakah perlu diberikan tambahan rasa misalnya dengan garam atau gula?
 
Bayi sampai usia 6 bulan hanya mengetahui rasa susu. Sebaiknya hindari pemberian garam dan gula karena tidak memberikan tambahan nutrisi berarti tetapi akan memperkenalkan suatu standar rasa enak pada lidah.
Pemberian garam pada makanan bayi akan membuat ginjal bekerja lebih berat untuk menyaring, sedangkan pemberian gula pada makanan atau minuman bayi akan mengakibatkan kerusakan pada gigi saat gigi susu bayi tumbuh.


Bagaimana menentukan berapa kali bayi harus diberi makan dalam satu hari?
 
Frekuensi pemberian makanan tergantung pada umur dan aktivitas.
Pada bayi yang aktif bergerak perlu diberikan makanan lebih sering dengan jumlah yang cukup atas dasar pertimbangan lambung bayi masih relatif kecil.


Apakah pemberian Tepung Gasol bisa mencukupi kebutuhan nutrisi untuk tumbuh kembang bayi?
 
Tepung Gasol dengan berbagai variasi masing-masing mempunyai keunggulan nutrisi yang berbeda. Penambahan susu, baik ASI atau susu formula akan memperkaya nutrisi makanan padat bayi. Terlebih dibarengi dengan pengenalan buah-buahan dan sayuran akan memberikan tambahan serat, vitamin dan mineral.
Khususnya vitamin C (misalnya pada jeruk, pepaya) dapat membantu penyerapan zat besi pada produk tepung yang kaya zat besi (Tepung Merah Wangi, Tepung Beras Merah, Tepung Pisang, tepung Sorghum).


Apakah Bubur Tepung Gasol bisa dibekukan?

Jika Bubur Tepung Gasol akan dibekukan sebaiknya sebelum ditambahkan apapun (susu/buah/sayur). Silahkan bekukan dengan menggunakan wadah es batu. Pembekuan bubur Tepung bisa merubah teksturnya, jadi kurang dianjurkan. 


Apakah Tepung Gasol sudah terdaftar?
 
Tepung Gasol sudah terdaftar di Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur dan sudah mendapatkan sertifikat halal dari MUI Jawa Barat. 


Sumber:  www.gasolorganik.com

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blog Archive

Statistik

Flag Counter